Resep Kemplang Panggang/Tunu Palembang

Ada lagi nih resep kemplang panggang, atau biasa di sebut dalam bahasa palembangnnya kemplang tunu. Bahkan ada juga kemplang panggang / tunu yang besar dan tebal di sebut kemplang badak.

Pengembangan jenis kemplang sama dengan pempek, karena ada juga pempek panggang. Lengkap sudah, kalau pempek ada yang di rebus, digoreng, dan di panggang saat disajikan. Tapi kalau kemplang siap disantap hanya ada yang di goreng dan di panggang. Begini nih resepnya :

kemplang pempek cek dung  adonan dasar pempek cek dung

Bahan

  • 1 kg ikan segar (tenggiri/gabus/kakap)
  • 2 kg Sagu
  • Air 750 ml
  • Garam 4/5 Ons
  • Bumbu penyedap 1/5 ons

Cara pembuatan :

  • Campur ikan segar yang sudah digiling halus dengan air, garam, dan bumbu penyedap. Aduk sampai rata
  • Adonan tersebut dicampur dengan sagu lalu di uleni
  • Timbang adonan per 1 kilogram dan dibuat lenjeran.
  • Lenjeran yang sudah jadi langsung di rebus selama kurang lebih 1 jam dan langsung dijemur.
  • Lalu diiris dan dijemur sampai kering.
  • Setelah kering siap untuk dipangang

kemplang panggang mentah Ce' Dung   icon kemplang panggang

Tips :

  • Berbeda dengan pembuatan pempek, adonan sebaiknya diuleni sedikit lebih keras.

Selaian pembuatan kemplang panggangyang mebutuhkan keahlian khusus, untuk proses pemanggangnya butuh keahlian khusus juga, biar kemplang yang dihasilkan mengembang baik, renyah dan rata. Wah, maaf belum bisa cerita soal cara memanggang ya, semoga di kesempatan lain. Tapi kalau resep sambal kemplang panggang/tunu sudah ada tuh.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan menikmati.

19 thoughts on “Resep Kemplang Panggang/Tunu Palembang

  1. Menarik. Palembang dan Bangka berdekatan. Adakah yg tak suka kerupuk Bangka? Kerupuk Bangka yg enak sudah dikenal luas di nusantara. Tetapi, tahukah di mana beraneka kerupuk terenak di Bangka? Kami menyediakannya di toko online kami, kerupuk asli dari Belinyu, Bangka Utara. Ada kerupuk panggang ikan tenggiri, kerupuk goreng udang, kerupuk goreng cumi-cumi, dll. Silakan kunjungi http://www.altoko.com dan terima kasih!

    Like

  2. sebelumnya trimakasi resepnya,,,mau nanya ni,kira2 dgn resp di atas kira2 dapat berapa buah kemplang?,,,,untuk di jadikan bisni,,,oya bole minta no kontaknya,,,,

    Like

  3. Utk ikan 1kg dan tepung 2kg berapa ons garam yg bener? And utk membuat satu sambel berapa perbandingan/ukuran masing2 bahan supaya rasanya pas and gimana supaya tidak cepat basi.

    Like

  4. Apakah penulis resep ini sudah menjual ke pasar? Jika sudah bagaimana pengakuan konsumen? Sebab saya ingin coba produksi untuk dijual. Please tell me

    Like

  5. Terimakasih sudah mampir ke blog kami, dan testimoninya. untuk kemplang panggang irisannya sepanjang telunjuk, dengan ketebalan sekitar 1/2 cm. ada beberapa bentuk kemplang panggang, ada yang bundar ada juga yang lonjung, tergantung selera. selamat menikmati

    Like

  6. kami sudah coba buat pempeknya and berhasil.
    kami juga sudah coba buat pempek adaan denga bahan dasar pempek yang tertulis tapi agak kenyal gimana ya caranya biar renyah?
    saya sangat suka sekali dengan kemplang panggang
    kalau ukuran potongan (irisanya) berapa tebalnya dan lebarnya?

    Like

  7. terimakasih sudah mampir di blog kami. resep ini kami buat berdasarkan pengalaman, dan kami pun memproduksi. kalau mau tau hasil resep ini dapat memesan, biar mencoba hasilnya,..

    Like

  8. Sudah ada yang mencoba resep ini belum?
    Saya pingin bikin, tapi takut gagal. Mendingan nunggu yg lain dulu. Kasih jawaban bagi yg sudah mencoba ya..

    Like

  9. Untul sambel nya bahan nya asem jawa (dicincang agar bijinya terpisah dari asemnya), gula pasir, gula jawa, garam, terasi dan cabe keriting. Dikukus selama kurang lebih 2jam. Setelah matang, matikan api, diamkan hingga dingin. Baru taruh diwadah tertutup. Thx

    Like

  10. Kerupuk bangkafavorit saya sejak kecil. Tp skrg sdh cukup sulit untuk mencarinya di Malang. Apa selain dipanggang di atas bara api, kerupuk bangka juga bisa digoreng dgn pasir? Trus, bgm resep membuat sambalnya yg khas kerupuk bangka? Trims.

    Like

  11. bener sekali, tepung sagu sebenarnya sama dengan tepung tapioka. wah jadi masukan juga untuk kami dalam penulisan resep. terimakasih.

    Like

  12. untuk memanggang kemplang dilakukan diatas bara. kempang panggang tersebut sebelumnya di dijemur sebentar sebelum dipanggang. Dan kemudian jepit menggunakan penjepit bambu di bolak balik di atas bara. jdai deh kemplang pangggangnya.

    Like

Leave a comment