Kerupuk Palembang

Kemplang Kerupuk Ikan Palembang merupakan salah satu makanan tradisional khas Palembang dengan bahan dasar ikan dan tepung tapioka. Kenapa dinamakan Kemplang Kerupuk karena berbentuk keriting, sama halnya dengan pempek kerupuk yang berbentuk keriting. Proses pembuatannya pun tidak jauh berbeda dengan Pempek Kerupuk.

Konon, pada zaman dahulu kala, pembuatan kemplang kerupuk dan pempek kerupuk menggunakan batok kelapa yang dibolong-bolongi di bagian bawahnya. sekarang cara tradisionalnya menggunakan pirikan kuningan, dengan beragam besar lubang pada bagian bawahnya.

pirikan Kemplang Pempek kerupuk Cek DungSelain mengetahu caicon kerupuk kemplangra membuat kemplang kerupuk, penting juga mengetahui cara menggoreng kemplang. Agar hasinya memuaskan, karena tidak sama dengan cara mengoreng kerupuk biasa.

Kemplang kerupuk biasa menjadi santapan sehari-hari, juga menjadi pelengkap hidangan saat pesta perayaan. Terlebih di saat Lebaran dan juga biasa menjadi oleh-oleh kuliner khas Palembang.

7 thoughts on “Kerupuk Palembang

  1. cek minta resep pempek kulit dong sbb ado yg ngajari katonyo ikan sm kolet di rebus dlu bru d haluskan ado lg yg ngajari langsung bae daging samo kulit ikantu di belender halus,kiro2 mno yg bnar ni

    Like

  2. Terimakasih Mba Yune, suami saya juga orang jawa, yang sekarang tergila2 juga sama kemplang palembang. nanti saya informasikan biaya pengirirman via email ke jepang. salam kenal, semoga sukses mba.

    Like

  3. Mba, saya orang Jawa asli, tapi sangat tergila2 dng krupuk dan kemplang palembang..saat ini saya sdang ada di negeri orang,,,setelah saya cari2 info yg sngat byk di internet,,saya pikir ini krupuk & kemplang Palembang yg asli..dari gambar fotonya makin buat saya ngiler…Mo tanya berapa kira2 biaya pengiriman ke Jepang?tahan berapa lama kira2 utk krupuk yg mentah jg yg sudah di goreng?
    Insya Allah akhir April saya mudik ke kampung dan berencana untuk pesan/melakukan pembayaran.
    terima kasih.

    Liked by 1 person

Leave a comment