Resep Cuka Pempek

Bahan

  • Gula merah 250 gram
  • Air 500 ml
  • Bawang putih 25 gr / 10 siung
  • Cabe rawit 50 gr
  • Asam jawa 1 ibu jari
  • Ada juga yang mengunakan toncai 1 sendok makan

Cara pembuatan

  • Haluskan seluruh bahan terlebih dahulu. Rebus campurkan gula merah dengan air diatas api sedang sampai larut.
  • Masukkan asam jawa, cabe rawit, bawang putih, dan tongcai, dan lanjutkan perebusan selaman 15 menit.

Tips :

  • Sebaiknya pembuatan cuka dilakukan satu atau dua hari sebelum disajikan agar rasanya lebih sedap. Dan disaring terlebih dahulu sebelum disajikan.
  1. Boleh ni dicoba, saya suka sekali cuka pempek baik dengan pempek maupun dicampur dg mknan lain spt bakwan misalnya…….bs ketagihan pokoknya..thanks lho resepnya mba

  2. thanks infonya. gmnnya caranya agar cuka lebih enak dan tahan lama? coz… saya bikin cuka pakai asam jawa.

  3. Assalamualiku
    bos’tolong beritahukan tongcai itu apa

  4. ia nih saya terbantu sekali buat bikin cuko pempek, tapi bingung nih tongcai tuh apaan ytus bisa dapetinnya dimana?ada nama lain ngga

  5. Tongcai adalah sayuran yang diasinkan.. Biasanya dibuat dari lobak. digunakan juga bahan pelengkap hidangan mie atau bubur. http://kamusdapurku.blogspot.com/2008/11/tongcai.html

  6. tongcai itu kayak sedap malam waktu kita bikin sop kimlo ya :)

  7. kalau cuka pempek d padu/di gandeng sama tahu enak gak ya…? thx ya resepnya

  8. Mang mau nanyo tongcai itu nyari nyo dimano

  9. Aku palingsuka pek-mpek tongcainya bisa diganti dengan apa ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.031 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: